pencarian

PINTU

Mengenal Pintu
Siapa yang tidak kenal pintu. Salah satu elemen rumah, gedung, kantor,supermarket, toko, hingga poskamling ini selalu “menghiasi” dan melengkapi suatu bangunan dari depan, samping, hingga belakang. Dahulu, pintu dibuat hanya sebagai perantara atau penghubung antara lingkungan Iuar dengan dalam rumah. Akan tetapi, saat ini pintu sudah merupakan simbol status sosial. Dengan kemajuan teknologi, beragam pintu sudah banyak dijumpai, baik dari segi desain, warna, corak, bahan, dan sebagainya. Sebelum mengenal berbagai jenis desain pintu, ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui hal-hal di seputar pintu.
Pengertian Pintu
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian pintu adalah tempat untuk masuk dan keluar. Ini berarti bahwa pintu adalah suatu benda penghubung untuk melakukan aktivitas memasuki sesuatu atau keluar dari sesuatu tempat. Jika dikaitkan dengan rumah tinggal maka pengertian pintu adalah tempat untuk keluar-masuk pada tempat tinggal manusia.
Fungsi Pintu
Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa pengertian pintu adalah tempat untuk masuk dan keluar dari suatu tempat atau bangunan maka fungsi dan keberadaannya sangat diperlukan sebagai media penghubung (antara). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa fungsi pintu pada dasarnya adalah sebagai penghubung antar-ruang yang saling terpisahkan secara permanen.
Selain fungsi di atas, pintu juga berfungsi sebagai penjaga privasi serta keamanan sebuah rumah. Pintu kamar misalnya, berguna untuk menjaga privasi dan keamanan penghuni kamar tersebut.
Jenis Pintu Berdasarkan Fungsi Ruang
Berdasarkan fungsi ruang, jenis pintu dapat dibagi menjadi beberapa kategori, antara lain:
Pintu gerbang,
Pintu utama rumah,
Pintu kamar,
• Pintu ruang lain dalam rumah (ruang makan, dapur, ruang keluarga, dll),
Pintu kamar mandi (wc),
Pintu belakang atau pintu samping,
Pintu garasi dan
• Pintu bangunan komersial (toko, kantor, dll).
Persyaratan Pintu
Persyaratan sebuah pintu meliputi ukuran pintu yang memadai sesuai fungsi, kekokohan, penggunaan bahan material yang cocok untuk pintu pada masing-masing ruang, dan desain yang indah, sesuai, dan selaras dengan desain bangunan atau ruang tempat pintu tersebut dipergunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar